Mengenal rumah minimalis

Rumah minimalis ini adalah merupakan sebuah gaya desain arsitektur rumah atau bangunan yang saat ini telah menjadi trend dibeberapa kota besar. Karya dari para arsitektur bangunan, termasuk halnya sebuah rumah minimalis, adalah merupakan alternatif atau pilihan terhadap sebuah bentuk desain arsitektur yang muncul sebagai akibat dari budaya. Dan bukan hanya sekadar ikut-ikutan ataupun latah mengikuti trend.

Kenapa menggunakan istilah minimlais, menurutu beberapa sumber dikatakan bahwa minimalis adalah gambaran dari pola berpikir, pola bekerja, dan bahkan sudah masuk ke suatu cara hidup. Ini adalah sebuah cara pandang yang modern dan baru didalam melihat sebuah hasil karya desain sebagai sebuah refleksi cara hidup dari masyarakat urban dimana kita ketahui serba praktis, effisien, simple, dan ringan.

Rumah minimalis
Kemudian rumah minimalis-pun kini telah hadir dengan sentuhan karakter yang lebih jelas, ditandai dengan adanya bentuk dan juga ruang geometris, muncul kesan sederhana, dan lebih baik atau kokoh, selain itu juga lebih kuat dengan ruang-ruang yang kosong dengan penambahan sedikit ornamen dan juga perabotan. Pada prinsipnya dengan desain yang semakin sederhana ini, maka akan diperoleh kualitas desain, juga ruang yang ada didalamnya, serta penyelesaian dari bidang struktur yang harus semakin lebih baik. Seorang guru minimalis yaitu John Pawson sebelumnya telah menghadirkan desain-desain rumah modern minimalis yang minim garis, dengan menghadirkan suasana yang hening dan indah.

Hal penting yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah kondisi yang terlalu minimalis akan menjadi cenderung membosankan. Untuk itulah kemudian para ahli dibidang ini merasa bahwa perlu dipahami secara bersama tentang bagaimana pengembangan dasar dari rumah minimalis ini didalam konteks budaya masyarakat kita.

Rumah minimalis 1
Apakah kemudian bentuk yang minimal ( rumah minimalis ) itu selalu kotak sederhana ataukah mungkin ada bentuk lainnya ? Bentuk dari rumah minimalis ini tidaklah selalu harus berbentuk kotak sederhana, akan tetapi juga bisa berbentuk platonik geometri yang menjadi bagian dari lanskap yang memberi kesan tiba-tiba muncul ke atas. Tetapi , jika rumah ini kemudian memang hanya perlu berbentuk kotak, maka itu adalah sebuah bentuk kotak yang merupakan hasil akhir dari sebuah proses akan kebutuhan fungsi, dan tentunya bukan hanya karena sebuah "pemaksaan" atau-pun "latah" saja hanya demi mengikuti trend.

Rumah minimalis ini jelas nantinya akan terasa nyaman untuk dijadikan tempat tinggal khususnya bagi masyarakat urban modern saat ini yang serba praktis, menitik beratkan pada fungsional, memberi kesan ringan, jauh lebih hemat, dan juga efisien, karena minimalis itu sendiri adalah sebuah pengejawantahan dari gaya hidup mereka yang modern dan dinamis, dan hal ini pastinya sesuai dengan kebutuhan mereka. Desain rumah minimalsi adalah simbol dari gaya hidup yang metropolis. Atau bisa juga dilihat sebagai sebuah cara hidup yang sederhana secara total.
Rumah minimalis 2

Rumah minimalis dipastikan akan terus menerus berkembang seiring dengan munculnya kreativitas arsitek, selalau adanya inovasi desain, dan juga ditunjang dengan kecanggihan teknologi. Hal itu tadi akan membuat penampilan dari rumah minimalis yang ada akan selalu hadir dihadapan kita dengan terobosan baru yang selalu fresh, ditunjang dengan detail yang semakin sempurna, dan juga harga yang ditawarkan akan semakin terjangkau.

Dan akhirnya bisa kita simpulkan bahwa nilai keindahan dari rumah minimalis kini tidak lagi hanya mengandalkan pada ornamen dan juga obyek artifisial, akan tetapi lebih dari itu juga adanya makna terhadap sebuah kejujuran bentuk, juga fungsi, dan munculnya penjiwaan ruang yang telah diciptakan. Maka sungguh tak mengherankan bagi kta semua jika kemudian saat ini rumah minimalis ini menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat yang semakin merindukan tentang kejujuran, kesederhanaan, dan kepolosan yang ada pada rumah minimalis.

Mengenal rumah minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown